Tips Ampuh Cara Memperbaiki Windows Tanpa Install Ulang

Windows Registry
Tips Ampuh Cara Memperbaiki Windows Tanpa Install Ulang - Salam hangat IT Newbie.. Sebenarnya windows mempunyai sistem yang lumayan tangguh dalam segi pengoperasiannya dan baik dalam sistem penggunaanya karena windows bersifat friendly, tetapi karena banyaknya suatu bug entah itu memang celah dari sistem windows sendiri atau memang sengaja dibuat untuk agar pengguna windows dapat mempatch sistemnya secara berkala. Entahlah.. karena menurut IT Newbie semua sistem operasi windows, linux, Mac Os dan lain sebagainya sebenarnya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semua balik lagi ke diri kita masing-masing, dan terserah dari kita lebih nyaman menggunakan yang mana..

Dari uraian diatas tersebut hanya sebagian pendapat sedikit tentang sistem operasi yang terkadang banyak celah maupun bug dan kesalahan-kesalahan lainnya. Namanya juga sistem buatan manusia, yaaa.. tidak ada yang sempurna.

Dalam tutorial terdahulu IT Newbie pernah membahas tentang 5 Solusi Komputer yang Sering Restart dan 6 Penyebab Komputer mulai Melambat. Namun kali ini IT Newbie akan membahas Cara Repair Windows Tanpa Install Ulang dengan menggunakan software Windows Repair :

Okay..Langsung saja mari kita bahas, seperti berikut ini :
Dalam software repair ini ada beberapa kerusakan windows yang dapat diperbaiki diantarnya yaitu :
  • Repair Windows Updates
  • Repair Register System Files
  • Repair Windows Firewall
  • Repair Internet Explorer
  • Repair Network Winsock and DNS Cache
  • Reset Registry Permissions
  • Remove Policies Set By Infections
  • Repair MDAC & MS Jet
  • Unhide Non System Files
  • Reset File Permissions
  • Repair Proxy Settings
  • Repair WMI
  • Repair Hosts File C:\Systems
  • Remove Temp Files (Temporary Files)
  • Repair Icons
  • Repair CD/DVD Not Working
Dalam software Windows Repair  ini ada beberapa tahapan-tahapan dalam yang sebaiknya dilakukan dalam memperbaiki windows, yaitu :

1. Memperbaiki / Repair Kerusakan file sistem pada hardisk
Pengecekan hardisk dari dengan adanya file system yang error / bermasalah. Tool yang digunakan adalah Utility Check Disk yang merupakan bawaan dari windows yang ternyata cukup ampuh untuk memperbaikinya.

2. Membersihkan Komputer dari virus, Malware, Trojan dan sebagainya
Dalam tahapan ini sobat akan diberikan layanan untuk mendownload anti malware dan antivirus, apabila sobat tidak ingin mendownload atau komputer sobat sudah dipastikan tidak ada virus sobat bisa mengabaikan layanan ini

3. Menjalankan System File Checker
Dalam tahapan ini sebenarnya memperbaiki System File Cheker yang berfungsi untuk memperbaiki keseluruhan file sistem pada windows dan  memperbaikinya bila adanya kerusakan, Sebenarnya dalam bawaan nya pun windows sudah mempunyai Check File System atau SFC. Apabila sobat mau mencoba bisa menggunakan CMD dan ketik sfc /scannow

4. System Restore dan Registry Backup
Dalam tahapan terakhir ini sobat bisa membackup system restore dan registry backup sebelum windows memperbaiki systemnya dalam tahapan ini sobat bisa berjaga-jaga apabila system tidak berjalan dengan semestinya dan sobat dapat merestore system serta restore backup registry kembali.

5. Start Repair
Dalam tahapan ini sobat akan dihadapkan 3 pilihan yaitu Basic Mode, Advanced Mode dan Custom Mode.  Kemudian sobat bisa melanjutkan dengan meng klik Start untuk memulainya.

Repair Harddisk

 Sobat bisa mendownload software windows repair disini

Dalam software ini tidak sepenuhnya dapat memperbaiki windows, setidaknya dengan melakukan langkah-langkah diatas secara benar maka sobat dapat memperbaiki windows tanpa install ulang secara sempurna. Dan apabila memang windows sudah parah jalan terakhir memang harus install ulang atau sobat bisa repair windows dengan windows cd bawaan saat pertama kali sobat install windows.

Dari mengetahui cara diatas walaupun dengan software setidaknya sobat dapat melatih menganalisa dan mengetahui system mana yang terdapat terjadi masalah pada systemnya.

Sekian.. Salam IT Newbie

Artikel Terkait

Comments
8 Comments

8 komentar:

Saipul agung said... Balas Komentar

Kakak, mau nanya!
Kalo windows nya udah D'repeat nanti.
Apakah semua data D akan ikut terformat

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

@Saipul agung : Data D tidak akan terformat, data di C juga tidak akan terformat.. karena hanya me replace system yang ada..
untuk jaga-jaga lebih baik backup data semuanya saja di C dan di D..

Allie Kanzoell said... Balas Komentar

Bagaimana cara mengatasi keti menggunakan microsoft propesional 2010 ada pemberitahuan Product Activation Failed ?
Saya mohon bantuannya.

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

@Allie Kanzoell : Kemungkinan aktivasi serial numbernya ada yg salah masbro, coba diulangi lagi dan diteliti.

Indra Sagara said... Balas Komentar

mantap gan infonya....
ane mau nanya bagaimana cara instal windos ori yg sudah ada dalam hardisk laptop...?

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

@Indra Sagara : biasanya kalau windows ori mempunyai serial number, kalo masbro mau install ulang lagi pake serial number ori tersebut aja.
cara install nya seperti install biasa masbro.

Semoga membantu..

Yayan Azch said... Balas Komentar

Gan ne monanya.knpa komputer ane suka mati sendiri.ane pake win7. Mohon pencerahannya gan.thnk

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

@Yayan Azch : Coba periksa power supply didalam komputer sobat, sepertinya powernya sudah soak. kemungkinan lain coba periksa RAM, bersihkan RAM dengan penghapus karet. dan periksa komponen-komponen PC lainnya yaitu processor dan HDD.

Semoga membantu..

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia