Pengetahuan Dasar Tentang Bios Cara Kerja dan Fungsinya

BIOS
Pengetahuan Dasar Tentang Bios Cara Kerja dan Fungsinya - salam IT Newbie. Masih kembali lagi dengan kami disini, yang sudah hampir seminggu tidak update blog karena kesibukan yang sangat luar biasa didunia offline. Tidak ada henti-hentinya IT Newbie memberikan informasi yang sangat sederhana yang banyak belum diketahui oleh para newbie dalam dunia IT. Untuk para master-master juga boleh dibaca sekedar pengetahuan dasar. Pada tutorial sebelumnya IT Newbie pernah membahas Permasalahan Beep Code pada Komputer dan 10 Penyebab Blue Screen pada Windows

Tahukah anda tentang BIOS? Bios merupakan sumber informasi dan sangat penting disaat kita akan melakukan troubleshooting komputer. Seperti pada contoh sederhana dimana komputer kita mati total maka hanya dengan cara mereset BIOS saja komputer kita dapat kembali nyala seperti sebelum masalah.

BIOS sendiri merupakan singkatan dari Basic Input Output System yang merupakan sumber informasi dalam suatu software dalam komputer yang ditulis dalam bahasa assembly yang mengatur fungsi dasar hardware (perangkat keras) pada komputer. BIOS tertanam didalam chip sebuah memory (ROM ataupun Flash Memory yang berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS)  yang ada terdapat pada mainboard. Pada sebuah baterai yang biasa kita sebut dengan baterai CMOS yang mempunyai fungsi untuk menjaga agar waktu atau tanggal dan setingan lainnya yang sebelumnya telah kita set pada BIOS tidak hilang atau akan kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan yang fungsinya akan terus berjalan layaknya sebuah jam.

Mengenal Fungsi BIOS
Fungsi utama dari BIOS yaitu untuk memberikan perintah yang disebut dengan POST (Power On Self Test) yaitu untuk mengenali setiap perangkat pada sistem komputer seperti VGA, RAM, Keyboard, Mouse, Hard drive, Optical CD/DVD rom dan yang terhubung lainnya yang bekerja saat booting.

Cara Kerja Dari BIOS
Seperti yang sobat ketahui dari penjelasan diatas fungsi utama dari BIOS yaitu melakukan POST. Sedangkan langkah-langkah atau kerja BIOS adalah dimulai dari proses inisialisasi, dimana dalam proses ini kita dapat melihat jumlah memory yang terinstal, kapasitas hardisk, suhu hardisk, kapasitas hardisk, kapasitas RAM dan lain sebagainya.
Kemudian BIOS akan mencari, dan menampilkan informasi dari VGA card dan kemudian mengecek semua device yang terhubung dengan komputer tersebut, lalu bisa juga melakukan Pengetesan RAM atau biasa disebut dengan Memory count up test. Setelah semua device dari komputer sudah dikenali oleh BIOS maka akan mencari lokasi booting pada sistem windows.

Cara Mengakses BIOS
Untuk sobat yang mempunyai komputer pasti akan tahu saat booting awal biasanya apabila kita tekan F2 atau DEL maka akan langsung masuk ke tampilan BIOS (setiap komputer berbeda-beda saat masuk ke menu BIOS) F2 atau DEL umum biasa digunakan.

Bagaimana..??
Sudah tau kan Pengetahuan Dasar Tentang Bios Cara Kerja dan Fungsi BIOS..
cukup mudah dimengerti?

Bila kurang mengerti sobat bisa tanya langsung menuju form komentar ..
Sekian
Semoga Bermanfaat.. Salam IT Newbie

Artikel Terkait

Comments
6 Comments

6 komentar:

bLonk said... Balas Komentar

Terima kasih atas kunjungannya..
semoga bermanfaat gan..

kangtok said... Balas Komentar

artikel nya bagus dan bermanfaat, sob .. mengingat BIOS adalah bagian yg sngt penting dlm komputer.. mksh sdh dishare.. bisa numpang belajar disini :)
Tips Solusi Problem Komputer
Belajar Sistem Komputer

bLonk said... Balas Komentar

@kangtok
Sama-sama masbro, semoga bermanfaat..:)

Firdaus Klonoanian said... Balas Komentar

Thanks masbro... sering-sering post ya mas soal system komputer (rundll32.exe, diskmgmt.msc, dll.)

penting buat tugas sekolah juga mas...

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

sama-sama masbro..
pasti tentunya, jika ada info terbaru akan kami update..

Terima kasih..

Anonymous said... Balas Komentar

ah katan'a mw share yg terbaru inii yg terlama masih aj 2007 ah mas ini gmn sih

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia