Cara Install Active Directory di Windows 7

Active Directory Windows
Cara Install Active Directory di Windows 7 – Salam IT Newbie.. Active directory merupakan sebuah layanan directory yang dibuat oleh microsoft untuk jaringan domain windows. Sebagian besar active directory di install di windows server 2000, 2003 atau windows server 2008. 
Sebuah Active Directory menyediakan lokasi central untuk administrasi jaringan dan keamanan pada windows. Windows Server komputer yang menjalankan Active Directory disebut dengan kontroler domain. Sebuah kontroler domain Active Directory menidentifikasi dan mengotorisasi semua pengguna dan komputer dalam satu domain Windows, jaringan menetapkan dan menegakkan kebijakan keamanan untuk semua komputer dan menginstal atau memperbarui perangkat lunak. Sebagai contoh, ketika pengguna login ke komputer yang merupakan bagian dari domain Windows, maka Active Directory akan memeriksa password yang diajukan dan menentukan apakah pengguna adalah administrator sistem atau user biasa.
Sebagai administrator active directory sangat diperlukan untuk kebutuhan pada satu domain diantaranya yaitu untuk mengetahui user per departemen, komputer yang dipakai berdasarkan nama computer, untuk memonitoring komputer client, juga bisa digunakan jika si user passwordnya ke lock maka kita bisa unlock dengan menggunakan active directory tersebut.
Sebenarnya active directory memang digunakan dengan menggunakan windows server, namun hal ini dapat kita atasi jika sobat ternyata menggunakan windows 7, karena ternyata microsoft berbaik hati mengantisipasi bagi pecinta windows 7. Bagi sobat yang ingin menginstall active directory di windows 7 langsung saja menuju ke link berikut ini :
Patch Windows 7 active directory :
http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=7887
Pada pembahasan windows 7 sebelumnya IT Newbie pernah membahas tentang Cara Memperbaiki “Bootmgr is Missing” pada windows 7 dan Perbedaan antara windows 32 bit dengan 64 bit.
Langsung saja kita bahas Cara Install Active Directory di Windows 7 berikut ini :
Sebelumnya, jika sobat sudah selesai install patch active directory nya, ikuti langkah – langkah nya pengaturannya seperti berikut ini :
1. Sobat masuk ke Control Panel -> Select Programs dan pilih Turn Windows Features on or off
Setting Features Windows on or off
2. Setelah windows features muncul, scroll ke bawah dan cari “Remote server Administration Tools” dan temukan “Role Administration Tools” dan ikuti pengaturan checklist seperti gambar dibawah ini :
Windows Features on or off
Setelah selesai maka klik Ok. saat itu juga windows melakukan progress pada perubahan windows features.
Setelah selesai menginstall, sobat dapat melakukan perubahan taskbar windows, agar administrative tools dapat muncul di start menu windows.
Ikuti langkah langkah nya seperti berikut ini :
1. Klik kanan pada taskbar windows dan klik properties
2. Setelah itu klik tab start menu – klik customize (Lihat gambar)
Setting Taskbar
3. Setelah itu scroll paling bawah dan cari “System Administrative Tools“. dan klik “Display on the all programs menu and start menu” (Lihat Gambar)
Setting System Administrative Tools
4. Setelah selesai lihat start menu dan lihat opsi “Administrative Tools”. Selamat Active directory telah terinstall dengan baik di windows 7. (Lihat Gambar)
Active directory menu
Dengan mengikuti langkah – langkah diatas sobat dapat menginstall active directory dengan lancar di windows 7. IT Newbie sudah mencobanya dan hasilnya dapat terinstall dengan baik, dengan catatan sobat sudah join domain network.
Catatan : Sobat tidak bisa menginstall active directory tanpa adanya seperti pengaturan diatas.
Jika ada pertanyaan sobat dapat melayangkan saran pada form di bawah ini, pasti akan kami jawab sesuai dengan kemampuan kami.
Semoga tutorial Cara Install Active Directory di Windows 7 ini dapat bermanfaat.
Salam IT Newbie..:)
Cara Install Active Directory di Windows 7 | asepkanan | 4.5