Inilah Perbedaan OS Windows 32 Bit dengan 64 Bit

Windows 32 bit dan 64 bit
Inilah Perbedaan OS Windows 32 Bit dengan 64 Bit - Salam IT Newbie, masih setia dengan kami disini untuk membaca tutorial sederhana, singkat, padat dan newbie ini. Kali ini IT Newbie akan memberikan sedikit info yang mungkin sobat tidak tahu bahkan, jika sobat tanya teman sobat yang pekerjaan nya sebagai IT, apakah dia mengetahui secara umum arti dari windows 32 bit dengan 64 bit beserta perbedaannya?.

Kenapa IT Newbie membahas permasalahan perbedaan antara windows 32 bit dengan 64 bit?. Karena tutorial ini merupakan informasi sederhana dan newbie seperti kami ini, perlu referensi untuk masa depan jika lupa kita bisa membuka kembali blog ini.. hehee..

Pada dasarnya windows sengaja dibuat dengan sistem 32 bit dengan 64 bit dimana sistem 64 bit menyempurnakan untuk mengoptimalkan sistem agar RAM yang besar dapat terbaca full setidaknya bila sobat menggunakan RAM 4 GB bila menggunakan 32 bit maka hanya terbaca 2.9 GB, dan jika sobat menggunakan RAM 4 GB dengan menggunakan 64 bit maka akan terbaca full dan terbaca 4GB.

Langsung saja akan kita bahas seperti berikut ini :

1. Apa perbedaan dari Windows 32 bit dengan 64 bit?
Sebenarnya untuk istilah dari sistem windows antara 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara prosesor komputer/PC (juga disebut CPU), yang akan menangani informasi. Untuk versi 64-bit Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM), tetapi untuk sistem yang lebih efektif menggunakan sistem 64 bit dibandingkan sistem 32 bit.

2. Bagaimana saya bisa mengetahui apakah komputer saya menjalankan 32 bit-atau versi 64-bit Windows?
Untuk mengetahui apakah komputer sobat menjalankan versi 32-bit atau 64-bit Windows pada Windows 7 atau Windows Vista, ikuti sebagai berikut ini:
  • Buka System dengan mengklik tombol Start, mengklik kanan Computer, kemudian klik Properties.
  • Di bawah Sistem, sobat bisa melihat jenis sistem.
Jika komputer sobat menggunakan operasi sistem Windows XP, lakukan hal berikut:
  • Klik Start.
  • Klik kanan My Computer, lalu klik Properties.
  • Jika Anda tidak melihat "x64 Edition" terdaftar, maka Anda menjalankan versi 32-bit Windows XP.
  • Jika "x64 Edition" terdaftar di bawah Sistem, Anda menjalankan versi 64-bit Windows XP.
3. Manakah versi Windows 7 yang harus saya instal: versi 32-bit atau versi 64-bit?
Untuk menginstal versi 64-bit pada Windows 7, sobat membutuhkan CPU yang mampu menjalankan versi 64-bit Windows. Manfaat menggunakan sistem operasi 64-bit yang paling jelas ketika Anda memiliki sejumlah besar random access memory (RAM) yang diinstal pada komputer Anda, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Dalam kasus tersebut, karena sistem operasi 64-bit dapat menangani sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada sistem operasi 32-bit, sistem 64-bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada saat yang sama dan beralih di antara sistemnya.

4. Apakah Windows XP dapat dijalankan dengan 64 bit?
Pada dasarnya windows Xp juga mampu dijalankan denga menggunakan 64 bit, Untuk melihat apakah komputer yang menjalankan Windows XP mampu menjalankan versi 64-bit Windows, lakukan hal berikut:
  • Klik Start.
  • Klik kanan My Computer, lalu klik Properties.
  • Jika "x64 Edition" terdaftar di bawah Sistem, prosesor Anda mampu menjalankan versi 64-bit Windows.
Jika sobat tidak melihat "x64 Edition" terdaftar, prosesor Anda mungkin masih mampu menjalankan versi 64-bit Windows. Untuk mengetahui secara pasti, sobat dapat men-download dan menjalankan Windows 7 Upgrade Advisor free dari halaman web 7 Upgrade Advisor Windows.

5. Dapatkah saya meng-upgrade dari versi 32-bit Windows ke versi 64-bit Windows 7 atau dari versi 64-bit Windows 7 ke versi 32-bit Windows?
Sobat dapat menggunakan opsi Upgrade selama instalasi Windows 7, yang mempertahankan file Anda, pengaturan, dan program, hanya jika sobat sedang menjalankan versi 32-bit Windows Vista dan sobat ingin meng-upgrade ke versi 32-bit Windows 7 . Demikian pula, jika sobat menjalankan versi 64-bit Windows Vista, sobat hanya dapat melakukan upgrade ke versi 64-bit Windows 7. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Upgrade ke Windows 7.

Jika sobat ingin pindah dari sistem versi 32-bit Windows ke sistem versi 64-bit Windows 7 atau sebaliknya, sobat harus membuat cadangan file Anda dan pilih opsi Custom selama instalasi Windows 7. Kemudian, sobat akan perlu untuk mengembalikan file dan menginstal ulang program-program sobat. Untuk informasi lebih lanjut tentang melakukan instalasi kustom, lihat Menginstal dan menginstal ulang Windows 7.


Catatan:

Untuk dapat menginstal versi 64-bit Windows 7 pada komputer yang menjalankan versi 32-bit Windows, sobat dapat memulai, atau boot, komputer sobat dengan menggunakan 64-bit Windows 7 disc instalasi atau file.

Jika sobat memulai komputer menggunakan 64-bit Windows 7 disc instalasi atau file, tetapi komputer sobat tidak mampu menjalankan versi 64-bit Windows, sobat akan melihat kesalahan Windows Boot Manager. sobat harus menggunakan 32-bit Windows 7 disc instalasi atau file sebagai gantinya.

Windows Easy Transfer tidak dapat mentransfer file dari versi 64-bit Windows ke versi 32-bit Windows. Jika sobat menjalankan versi 64-bit Windows Vista tapi sobat berencana untuk menginstal versi 32-bit Windows 7, sobat dapat memindahkan file ke lokasi eksternal secara manual atau menggunakan Backup dan Restore pada Windows Vista. Sobat perlu file cadangan dan Restore backup dibuat pada versi Windows sebelumnya di situs Windows.

6. Dapatkah saya menjalankan program 32-bit pada komputer 64-bit?
Sebenarnya kebanyakan program yang dirancang untuk versi 32-bit Windows dapat bekerja pada versi 64-bit Windows. Pengecualian adalah banyak program antivirus.

Perangkat driver yang dirancang untuk versi 32-bit Windows tidak dapat bekerja pada komputer yang menjalankan versi 64-bit Windows. Jika sobat mencoba untuk menginstal perangkat printer atau lainnya yang hanya memiliki 32-bit driver yang tersedia, maka tidak akan bekerja dengan benar pada versi 64-bit Windows. Untuk dapat mempelajari cara untuk memeriksa driver, lihat Update driver untuk hardware yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau sobat dapat menuju situs web produsen perangkat. sobat juga bisa mendapatkan informasi tentang driver dengan menuju ke halaman web 7 Upgrade Advisor Windows.

Pada dasarnya windows dengan sistem 64 bit jauh lebih baik dari 32 bit, jika dilihat dari segi kualitas 64 bit support untuk spek tinggi agar kinerja komputer dapat berjalan dengan baik. IT Newbie sendiri juga sudah mencoba dengan menggunakan 64 bit dan hasilnya jauh lebh baik.

Sekedar catatan : Jika sobat mempunyai software yang hanya mendukung sistem operasi versi 32 bit maka tidak akan berjalan pada sistem versi 64 bit. Sangat disarankan untuk sobat yang menggunakan RAM tinggi untuk menggunakan versi 64 bit. Sobat dapat mencari software yang mendukung versi 64 bit.

Sekian semoga tutorial Perbedaan OS Windows 32 Bit dengan 64 Bit ini dapat bermanfaat.
Salam IT Newbie

Source : Microsoft

Artikel Terkait

Comments
2 Comments

2 komentar:

Revolusi cara Belajar said... Balas Komentar

sorry bro mo tanya,
klo kita ud install windows xp sp3 dgn 32 bit dan kemampuan prosesor 64 bit, bisa ga kita upgrade windows kita jadi xp sp3 64 bit ?
caranya gmn ?
mail me @ lelakipalingganteng@gmail.com
thanx

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

@Revolusi Cara Belajar : Ga bisa masbro, kalau mau upgrade dari 32 bit ke 64 bit, harus install ulang..

kecuali masbro mau upgrade dari windows xp ke windows 7 dengan tetap 32 bit.

Semoga membantu..

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia