Cara Menganalisa Kerusakan Komputer Mati Total atau Crash

Error Computer
Cara Menganalisa Kerusakan Komputer Mati Total atau Crash - Salam IT Newbie, sebagai seorang IT pemula biasanya sobat pasti kebingungan disaat komputer yang kita pakai tiba-tiba crash, hang dan mati total. Apa yang akan sobat lakukan??. Tidak mungkin kan, sobat hanya berdiam diri dan meratapi kerusakan pada komputer.

Kejadian ini pernah saya alami, dimana disaat sedang asik-asiknya bermain game, tiba-tiba diluar dugaan komputer hang dan mati total. Sempet bingung juga karena saat itu saya belum terlalu begitu paham dengan troubleshooting komputer, dengan sedikit tekad dan keberanian.. akhirnya saya memberanikan diri untuk melakukan analisa mengapa komputer tiba-tiba mati tanpa adanya pembertahuan dari system.

Dalam dunia troubleshooting komputer memang banyak sekali yang harus kita analisa, mulai dari kerusakan memory, kerusakan power supply, bad sector hardisk, system error pada windows dan lain sebagainya. Sepertinya kita harus mencermati dan memahami dari kerusakan yang ada.

Dalam tutorial troubleshooting sebelumnya IT Newbie juga pernah membahas tentang Cara Memperbaiki trouble pada Laptop dan Solusi Komputer yang sering restart. Langsung saja akan kita bahas Cara Menganalisa Kerusakan Komputer yang Mati Total.

1. Pastikan Power supply dapat bekerja dengan baik
Sobat bisa membuka casing komputer, kemudian nyalakan kembali komputer sobat dengan menekan tombol power kemudian sobat dapat memperhatikan apakah lampu indikator pada motherboard dan fan/kipas processor berputar? Jika masih menyala kemungkinan power supply masih dapat berfungsi dengan baik. Namun jika komputer sobat, tidak menampilkan tanda-tanda kehidupan, sobat bisa melakukan analisa dan pengecekan pada power supply.

2. Reset BIOS Komputer
Berdasarkan pengalaman IT Newbie, ternyata komputer crash, hang dan mati total tidak bisa booting dapat di lakukan dengan Cara Mereset BIOS komputer

3. Periksa Monitor Komputer
Langkah awal dalam penanganan komputer crash/blank dapat dilakukan dengan cara memeriksa terlebih dahulu monitor komputer, bisa saja komputer sobat mati karena memang monitornya yang mati bukan karena komputernya yang mati.

Untuk penganalisaannya sobat dapat melihat lampu indicator monitor apakah menyala, dan sobat bisa mencabut kabel VGA monitor, jika tampilan monitor menjadi normal hanya dengan menampilkan gambah atau biasa menampilkan sebuah pesan contohnya "No signal detected" berarti memang kerusakan ada pada komputer. Atau sobat bisa membaca tutorial IT Newbie tentang Cara Memperbaiki Komputer yang tidak mau Menyala.

4. Bersihkan Semua Komponen pada Mainboard/Motherboard
Biasanya kerusakan bisa terjadi karena adanya debu dan kotoran yang menempel pada motherboard, sebelumnya sobat dapat mencabut seperti Memory RAM, VGA Card, Fan Processor, hardisk dan Card-card lainnya. sobat dapat membersihkan motherboard dengan vacuum cleaner dan kuas, kemudian bersihkan semua pin-pin IC pada komponen komputer sobat.

5. Pasang kembali Komputer tanpa HardiskSesaat setelah semua komponen komputer pada motherboard dibersihkan seperti pada langkah nomer 4, sobat dapat merakitnya kembali semuanya tapi untuk hardisk jangan dulu dipasang. Kemudian nyalakan kembali komputer sobat, dalam hal ini biasanya ada beberapa kasus yang akan terjadi seperti contoh berikut ini :
  • Komputer dapat menyala normal (bisa masuk BIOS) namun tidak bisa booting.
Dalam kasus ini tidak masalah karena hardisk memang tidak dipasang. Matikan saja komputer sobat dan pasang kembali hardisk kemudian nyalakan lagi, apabila berhasil booting berarti permasalahan sudah hampir selesai.
  • Komputer mengeluarkan suara beep-beep berulang kali.
Dalam kasus ini biasanya ada beberapa komponen seperti RAM dan VGA Card yang bermasalah, untuk dapat memastikannya coba saja diganti dahulu dengan komponen yang sudah ketahuan yang masih berfungsi dengan baik, atau sobat dapat menganalisanya dengan membaca tutorial Beep Code Pada Komputer.
  • RAM dan VGA Card sudah diganti tetapi komputer masih tetap blank atau mati total.
Dalam kasus ini dapat dikatakan gawat karena biasanya kerusakan hanya terjadi pada bagian Motherboard atau Processornya saja. Namun menurut pengalaman IT Newbie kebanyakan bagian Motherboard yang rusak/problem (biasanya kebanyakan pada transistor power) dalam hal ini dapat terjadi contohnya hanya karena power listrik PLN yang tidak stabil atau sering mati-nyala. Jika ada Processor yang nganggur pinjem saja dahulu untuk memastikan kerusakan tersebut.

Ternyata memang banyak sekali yang harus kita analisa dalam hal troubleshooting komputer. IT Newbie sarankan pahami kerusakan komputer sobat. Dengan mencoba menganalisa kerusakan yang ada berarti jika suatu saat komputer sobat rusak kembali, sobat sudah tahu apa yang akan sobat lakukan.

Setidaknya setelah sobat membaca tutorial ini sobat dapat mencoba menyelesaikan permasalahan yang ada.
Semoga tutorial Cara Memperbaiki Komputer Mati total ini dapat bermanfaat.
Salam IT Newbie... :)

Artikel Terkait

Comments
5 Comments

5 komentar:

ululf01 said... Balas Komentar

Makasih gan sudah berbagi ilmunya

moga bermanfaat dan ilmu bertambah

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

Amin..
Terima kasih masbro, semoga bermanfaat..:)

jonathan andrianto said... Balas Komentar

gan tahu masalah komputer ane ga? Komputer bisa hidup tapi ga bisa startup ke bios aja ngga,
power supply bagus kipas procesor hidup tapi pas lampu power hidup ga lama mati lagi ber ulang" ,udah coba clear CMOS tetep ga ada efek ,
kira" kenapa ya masalahnya ?.
Oh ya LCD nya hidup.
Tolong dijawab ya Thx.

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

@Jonathan andrianto : Masbro, jika dilihat dari keterangan masbro, ada 3 kemungkinan permasalahan lainnya yaitu coba periksa Hardisk, power supply, dan Motherboard masbro..

Coba periksa power supply PC dan sumber listrik karena kemungkinan power supply berpengaruh sekali terhadap system dan hardware.

Semoga membantu..

Alfian Jumadi said... Balas Komentar

Mantap dah gan.. Bermanfaat banget postingannya

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia