Cara Mengatasi Flashdisk yang tidak Terbaca

USB Flashdisk
Cara Mengatasi Fashdisk yang tidak Terbaca - Pernahkah diantara sobat yang mengalami permasalahan yang sering kali kerap membuat kita pusing pada flashdisk?. Dimana saat kita untuk mencoba menancapkan flashdik ke komputer namun flashdisk tidak terbaca sama sekali? Ini yang IT Newbie alami beberapa hari yang lalu. Sebenarnya permasalahan seperti ini permasalahan klasik yang sering terjadi, permasalahan flashdisk tidak terbaca dikarenakan beberapa hal diantaranya yaitu : port usb yang memang rusak, driver USB yang bermasalah atau memang dari flashdisk tersebut yang sudah rusak.

Jika memang tidak terbaca pada komputer sobat, coba sobat lakukan ke komputer lainnya. Jika flashdisk sobat tidak bermasalah di komputer lain berarti permasalahan ada pada komputer sobat. Untuk flashdisk yang rusak biasanya akan ada ciri-ciri flashdisk terbaca yaitu ketika sobat colokkan pada sub port komputer sobat, flashdisk tersebut akan mulai terdeteksi namun saat dibuka di menu windows explorer maka akan muncul tulisan error yaitu Please insert a disk into drive. 

Pada tutorial sebelumnya IT Newbie juga pernah membahas tentang Cara Mengatasi "USB Device not Recognized" dan Tips Cara Memilih Flashdisk yang baik. Namun kali ini IT Newbie akan membahas Cara Mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca, Langsung saja akan saya paparkan beberapa hal yang harus sobat lakukan :

1. Sobat bisa buka windows explorer dan klik kanan pada mycomputer
2. Kemudian pilih Properties
3. Sobat bisa klik tulisan Device Manager
4. Sobat bisa pilih Universal Serial Bus Controller
5. Nanti akan muncul beberapa port USB yang terhubung ke komputer sobat
6. Kemudian sobat bisa cari tulisan yang ada gambar segitiga berwarna kuning
7. Kemudian klik kanan dan lakukan uninstall
8. Restart komputer sobat

Setelah restart maka secara otomatis windows akan melakukan configurasi awal, dimana saat sobat mencoba untuk menancapkan flashdisk kembali maka, windows akan melakukan penginstallan driver usb tersebut.

Sebenarnya dari cara diatas tidak 100% berhasil hanya mendeteksi kenapa flashdisk tidak terbaca, dengan melakukan uninstall dan restart kemudian tancap ulang flashdisk nya membuat konfigurasi windows secara default dan melakukan install driver USB secara otomatis. Dengan ada nya info ini saya harapkan sobat dapat menganalisa dan mengatasi permasalahan pada flashdisk. Mungkin bisa jadi flashdisk sobat memang benar-benar sudah rusak secara fisik.

Semoga tutorial Cara Mengatasi Flashdisk yangb tidak Terbaca ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia