Tips Cara Menghapus File yang tidak bisa Dihapus

Tips Cara Menghapus File yang tidak bisa Dihapus - Salam IT Newbie, Ada seorang pengunjung yang meminta dibuatkan tutorial cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, mungkin karena membaca tutorial IT Newbie sebelumnya yaitu tentang  Trik Ampuh Cara Membuat Folder yang tidak dapat di Hapus dan di Rename.

Kejadian ini juga pernah dialami oleh kawan saya dimana ada sebuah file dari flashdisk yang baru saja dia copy dari internet kemudian disimpan nya di komputernya, namun apa yang terjadi file tersebut tidak bisa dihapus. Kawan saya pusing karena file tersebut cukup besar ukurannya dan memakan banyak kapasitas hardisknya. Dengan sedikit pengalaman dari tempat kerja dan juga berbagai referensi IT Newbie dapat dengan mudah menghapus file-file yang bandel itu.

Bagaimana cara agar Menghapus file yang tidak bisa dihapus??. Sangat kesal memang jika suatu file dari komputer kita tidak bisa dihapus mungkin karena cukup mengganggu file-file kita yang lain. Dan file yang membandel itu memang terprotek, maka dari itu IT Newbie akan mengangkat dengan judul Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus. tanpa banyak bercakap-cakap akan langsung kita bahas langkah-langkah nya sebagai berikut :

Dari kejadian ini terdapat pesan error dari windows yaitu :

File error Delete

Pesan diatas biasanya menunjukan tidak adanya permission untuk mendelete file tersebut, untuk dapat mendelete nya sobat bisa masuk ke komputer sobat sebagai administrator. Untuk dapat menghapusnya atau memodifikasinya ikuti sebagai berikut :
  • Sobat bisa klik kanan pada folder yang akan kita hapus.
  • Klik pada menu sharing and security dan kemudian klik properties
  • Kemudian klik tab security. Lihat gambar pada kolom group user or username bahkan seorang administrator pun belum mendapat permission didalmnya.

  • Untuk itu kita dapat menambahkan terlebih dahulu permission user admin dengan cara klik add.
  • Dan pada kolom Enter the object names to select ketikan Admin, kemudian sobat bisa klik OK

  • Setelah user admin/user lain ditambahkan, kemudian berikan akses permission full control (di ceklist) kemudian OK
  • Kemudian jika sudah barulah hapus file tersebut.
  • Berdasarkan pengalaman IT Newbie, jika sudah diberikan permission full control maka dapat dengan mudah dihapus.
Ada beberapa saran dari kawan saya yaitu jika dengan cara manual diatas tidak bisa maka bisa dengan menggunakan softwareyang bernama FilExile.

FilExile yaitu merupakan sebuah software yang memungkinkan seorang pengguna dapat menghapus bebrapa file terkunci yang tidak dapat dihapus dengan cara manual. Untuk dapat menggunakan aplikasi FilExile ini, sobat dapat menjalankan aplikasinya, kemudian sobat dapat tentukan target file atau direktori yang ingin dihapus dan kemudian klik "Delete". Maka file akan mudah dihapus. (Lihat gambar)

FilExile - Deleted File

Software ini berlicensi GNU GPL v2 sobat dapat mengunduhnya melalui websitenya disini
Software ini sederhana dan udah digunakan oleh newbie sekalipun.

Setidaknya dengan mengikuti langkah-langkah diatas sobat dapat dengan mudah menghapus file yang tidak bisa dihapus secara manual. Karena IT Newbie sudah mencobanya dan hasilnya file yang saya hapus dapat dengan mudah tanpa terprotect.

Semoga tutorial Tips Cara Menghapus File yang tidak bisa Dihapus ini dapat bermanfaat.
Salam IT Newbie

Artikel Terkait

Comments
1 Comments

1 komentar:

Domsbyte Ibra said... Balas Komentar

Amin.. Terima kasih masbro, atas doanya..

Semoga tutorial-tutorial ini bermanfaat untuk masbro..
Salam IT Newbie.

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia