Penjelasan Dasar Tentang Web Server

Penjelasan Web Server
Penjelasan Dasar Tentang Web Server - Salam IT Newbie, Sebenarnya tutorial dasar ini ditujukan untuk para pelajar khususnya yang belum mengerti tentang Web Server, namun IT Newbie akan tetap memberikan tutorial dasar, untuk sobat-sobat semua, khusunya untuk para newbie. Tutorial dasar ini sebenarnya mengingatkan kembali IT Newbie akan pengertian dasar dari Web Server yang mungkin dari sobat juga ada yang sudah tahu tetapi ada juga yang sudah lupa akan dasar-dasarnya. Langsung saja akan IT Newbie bahas seperti berikut ini : 

Pengertian dan Cara Kerja dari Web Server :

Web Server yaitu sebuah sarana dari layanan sebuah website atau biasa disebut dengan WWW (World Wide Web). Sebuah web server akan menunggu permintaan dari seorang client untuk menggunakan sebuah browser, seperti browser Internet Explorer, Google chrome, Mozilla Firefox, Opera dan browser lainnya. Jika ada sebuah permintaan dari browser, maka sebuah web server akan langsung memproses sebuah permintaan tersebut dan kemudian akan memberikan hasil prosesnya yaitu berupa data yang diinginkan dan akan menampilkan pada sebuah browser.

Sehingga jika sebuah proses yang dimulai dari permintaan web client atau dari (browser), maka akan langsung diterima oleh web server, kemudian diproses, dan kemudian dikembalikan hasil prosesnya oleh web server ke web client lagi dilakukan secara transparansi. Jadi bisa dikatakan, setiap orang akan dapat dengan mudah mengetahui apa yang akan terjadi pada tiap-tiap proses. Namun secara garis besarnya yaitu sebuah web server hanya akan memproses semua masukan yang diperolehnya dari sebuah permintaan dari web clientnya.

Contoh Aplikasi Webserver :

1. Apache
Apache biasanya saya gunakan untuk mencoba membuat website secara offline, dan mendevelop website, jika sudah fix berhasil maka akan langsung saya jadikan web ini menjadi online. 
Apache yaitu sebuah server web yang biasa digunakan dalam pemrograman web berbasis server. Biasa seorang programmer menggunakan aplikasi ini, dan biasanya diinstall di komputer lokal untuk mencoba mengeksplorasi dan mengimplementasikan tentang pembuatan websitenya. Apache juga merupakan sebuah server web yang bersifat open source atau dengan kata lain, siapa saja bisa mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan kemampuannya, sehingga menjadikan apache ini sebagai server web yang cukup terkenal oleh para programmer dan para ahli dibidang IT.

2. Xampp
Xampp juga sudah saya coba untuk digunakan sebagai web server, dimana aplikasi Xampp ini cukup ringan dibandingkan dari apche, dan Xampp ini cukup ringan tidak memakan banyak kapasitas hardisk. 

Xampp merupakan satu paket yang terdiri dari Apache, MYSQL, HTML, PHP, dan Perl. Xampp sangat mudah dipelajari dan proses kerjanya juga hampir sama dengan apache, dan untuk penginstallannya juga sangat mudah, untuk sobat yang ingin mencoba dan mendapatkannya bisa langsung menuju ke official websitenya di : http://www.apachefriends.org/en/index.html

Xampp sendiri dikelola dan dikembangkan oleh Apache Friends yang juga merupakan sebuah website non-komersial yang tujuannya untuk mempromosikan web server  dari Apache. Bisa dibilang satu produk, dari pengembangan apache. 

Saya sendiri sudah mencoba dari dua aplikasi tersebut untuk kebutuhan kuliah saat itu untuk mencoba membuat website dengan server lokal di komputer pribadi. 
Dari contoh dua aplikasi tersebut juga sangat membantu untuk sobat semua yang ingin mencoba membuat website, namun untuk sementara bisa diinstall dikomputer kemudian digunakan secara offline.
Mungkin hanya seperti itu saja yang IT Newbie tahu tentang Penjelasan Dasar Tentang Web Server, beserta aplikasi web server offline.

Jika ada sobat yang mengetahui web server lokal lainnya bisa menambahkan dengan cara berkomentar dibawah ini.
Semoga tutorial Penjelasan Dasar Tentang Web Server ini dapat bermanfaat.
Salam IT Newbie.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia