Mengetahui Pengertian dan Perbedaan Antara IPv4 dengan IPv6

Perbedaan IPv4 dan IPv6
Mengetahui Pengertian dan Perbedaan Antara IPv4 dengan IPv6 - Salam IT Newbie, pernahkah sobat semua mengetahui ada perbedaan antara IPv4 dengan IPv6?, Dahulu saat IT Newbie pertama kali belajar networking hanya megetahui IPv4, namun dengan perkembangan teknologi maka seakan teknologi terus berkembang dengan adanya IPv6.

Sebelum mengenal pengertian dan perbedaan antara IPv4 dan IPv6, maka IT Newbie akan memberikan pengertian utama yaitu pengertian dari IP atau biasa disebut Internet Protocol, IP address merupakan sebuah sekumpulan bilangan biner sepanjang 32 bit yang dibagi menjadi 4 segmen dan setiap segmen nya terdiri dari 8 bit.

Pada artikel terdahulu IT Newbie pernah membahas tentang Perbedaan Antara KBps dengan Kbps dan Perbedaan OS Windows 32 bit dengan 64 bit, namun kali ini IT Newbie akan memberikan tutorial tentang networking dasar dengan mengetahui Perbedaan antara IPv4 dengan IPv6, Langsung saja kita bahas, seperti berikut ini :

Perbedaan utama pada IPv4 dan IPv6 pada umumnya adalah perbedaan jumlah bit nya.
Pada IPv4 juga telah dijelaskan bahwa tentang kelas-kelas IPv4 dari kelas A sampai kelas E.

Didalam penulisan mengetahui IPv6, maka kita akan mengetahui dan mempelajari format penulisannya dahulu, yaitu :
1. Prefered merupakan cara penulisan formal atau standar
2. Compressed merupakan cara penulisan kompresi atau penyingkatan
3. Mixed merupakan cara penulisan secara gabungan

Setelah mengetahui dan mengenal kedua versi IP tersebut, maka maka akan kita lihat  perbedaan keduanya antara IPv4 dengan IPv6 :

Perbedaan antara IPv4 dan IPv6 :
1. Pada IPv4 memiliki panjang 32 bit, namun sedangkan IPv6 memiliki panjang 128bit
2.Pada IPv4 menggunakan dotted decimal format, namun sedangkan IPv6 menggunakan colon hexadecimal format.
3. Pada IPv4 menggunakan static address (IP public) dan dinamic address (DHCP) dalam pengalamatannya, namun sedangkan IPv6 menggunakan stateless address configuration dan menggunakan stateful aaddress configuration.
4. Pada IPv4 menggunakan representasi alamat dengan menggunakan subnet mask, namun sedangkan IPv6 tidak menggunakan subnet mask.
5. Pada IPv4 address resolution protocol (ARP) digunakan untuk menerjemahkan alamat MAC dari alamat IP, namun sedangkan IPv6 Multicast Neighbor Solicititation Messages digunakan sebagai pengganti dari ARP.

Mungkin hanya segitu saja yang IT Newbie tahu, mungkin jika sobat mempunyai tambahan dari perbedaan IPv4 dengan IPv6, bisa berkomentar di bawah tutorial ini.
Setidaknya dengan membaca tutorial ini sobat mengetahui pengetian dan perbedaan dari keduanya dan semoga tutorial Mengetahui Pengertian dan Perbedaan Antara IPv4 dengan IPv6 ini dapat menambah wawasan sobat semua tentang networking.
Salam IT Newbie..

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia