Tips Cara Mudah Mengkompres File PDF dengan Cepat

Cara Mudah Mengkompres File PDF dengan Cepat
Tips Cara Mudah Mengkompres File PDF dengan Cepat - File PDF merupakan sebuah file dengan format yang sangat umum dan biasa digunakan oleh banyak kalangan semua orang. File PDF juga merupakan sebuah format yang biasa digunakan untuk membuat buku digital, sebuah ebook, buku panduan dan lain sebagainya. Biasanya file PDF juga bisa memprotect sebuah tulisan didalamnya agar orang yang membacanya tidak bisa memodifikasi dan disalahgunakan.

Sebagai contoh, IT Newbie pernah membuat sebuah file PDF, dimana saat itu file PDF nya cukup besar sekali sizenya. Mengapa bisa besar sekali sizenya karena didalam file PDF tersebut banyak sekali gambar, grafik, table dan juga halamannya yang cukup banyak yang membuatnya menjadi besar sekali ukurannya.

IT Newbie sempat bingung, karena saat itu harus dikirim melalui email dalam bentuk attachment dan dengan catatan file PDF tidak boleh lebih dari 10MB. Akhirnya IT Newbie sempat berkeliling mencari software untuk mengkompres file PDF agar ukurannya bisa lebih kecil, dan akhirnya benar juga IT Newbie mendapatkan softwarenya, nama softwarenya yaitu PDF Compressor.

Pada tutorial sebelumnya IT Newbie juga pernah membahas tentang Convert File document ke File PDF dengan software PDF creator. Namun kali ini IT Newbie akan memberikan sebuah Cara Mudah Mengkompres FIle PDF dengan Cepat, seperti berikut ini :

Kompres File PDF dengan PDF compressor


Sebelumnya sobat dapat mendapatkan software PDFcompressor secara gratis di link : http://nicepdf.com/PDFCompressor.exe
Kemudian sobat bisa mengikuti langkah-langkah penggunaannya, sebagai berikut :

1. Sobat bisa membuka aplikasi PDFcompressor.
2. Sobat bisa memilih file mana yang akan di kompress, lalu klik next
3. Setelah itu sobat bisa klik Check now untuk mengecek file PDF tersebut apakah file tersebut terenkripsi atau tidak.
4. Kemudian sobat bisa Pilih algoritma dan level kompresi yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Pada saat IT Newbie melakukan percobaan maka tidak terdapat perbedaan yang terlalu besar diantara beberapa pilihan tersebut (kemungkinan karena file PDF yang digunakan sudah berukuran cukup kecil).
5. Kemudian sobat bisa pilih lokasi penyimpanan dari file PDF yang sudah di kompresi.
6. Lalu klik next untuk memulai proses kompresi.
7. Setelah itu software PDF Compressor itu akan menunjukkan ukuran setelah di kompresi saat proses sudah selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah secara baik dan benar maka sobat dapat mengkompres file PDF yang tadinya berukuran besar menjadi kecil ukurannya.

IT Newbie sendiri sudah mencobanya dan hasilnya sangat membantu sekali dan lebih efektif karena file PDF bisa dikompres hingga 70% dari file aslinya, dengan tidak merubah ukuran gambar dan resolusi dambar didalmnya.

Semoga tutorial Tips Cara Mudah Mengkompres File PDF dengan Cepat ini dapat membantu sobat semua.
Salam IT Newbie.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia