Pengertian Dasar RAM (Random Access Memory)

Random Access Memory atau biasa disingkat RAM yaitu merupakan sebuah area penyimpanan informasi dalam computer yang dapat dibuka dengan random, dalam makna cpu dapat terhubung sisi mana saja dengan segera tanpa mesti mengawali sistem dari satu sisi spesifik. manfaatnya yaitu sebagai area menaruh informasi sesaat dalam periode pendek, informasi atau data yang telah tersimpan dalam RAM dapat terhapus saat computer dimatikan, lain dengan hard drive.
Saat sobat menggerakkan sesuatu program, contohnya video ubahor, maka cpu dapat membuka program tersebut dari hard disk serta menyimpannya dalam RAM. program layaknya video diubah  atau memerlukan area yang cukup besar dalam ram, ditambah lagi dengan file dan lain-lain yang dipakai oleh banyak program. bila RAM computer sobat berkapasitas kecil, lantas membuka program yang berkapasitas besar, maka dapat bikin computer sobat jadi lambat. 
Pengertian Dasar RAM (Random Access Memory)

Pada tutorial terdahulu IT Newbie pernah membahas tentang Tips Cara Merawat RAM Pada Komputer dan Mengetahui Perbedaan Antara DDR2 dengan DDR3. Namun kali ini kita akan bahas Pengertian Dasar RAM (Random Access Memory). Langsung saja tutorial berikut ini :

RAM terdiri atas dua jenis, yakni Dynamic Random Access Memory (DRAM) serta static random access memory ( sram ). dram menaruh informasi dalam sesuatu cell yang terdiri dari kapasitor serta transistor, oleh dikarenakan itu selalu perlu untuk di-refresh dengan aliran listrik tiap-tiap milisecond supaya informasi terus tersimpan, namun sram tidak perlu refresh.
Jenis RAM yang banyak dipakai saat ini ini pada computer yaitu synchronous dram. dimaksud synchronous dikarenakan beroperasi dengan clock, serta kecepatan clock tersebut yaitu hal penting kecepatan ram. ddr ( double data rate ), ddr2 serta ddr3 yaitu jenis sdram.

DDR mulai dipakai pada tahun 2002, yang pada mulanya computer banyak menggunakan SDR( single data rate ). DDR dapat mentransfer data 2 x lebih cepat di banding sdr. setelah itu nampak ddr2 yang dapat mentransfer data 8. 5 gb per detik. lebih kurang tahun 2007, nampak generasi setelah itu, yakni DDR3. DDR3 yang dapat mentransfer data dengan kecepatan 12. 8 gb per detik serta dan beroperasi pada voltage yang lebih rendah.

Module ram yang dipakai dalam desktop pc yaitu DIMM ( dual in-line memory module ), namun SODIMM ( small outline dual in-line memory module ) dipakai dalam computer yang mempunyai area yang terbatas, layaknya laptop atau notebook.

Penting buat sobat cermati bila beli RAM, yakinkan sobat beli RAM yang sesuai dengan computer sobat. contohnya bila computer sobat mempunyai slot untuk DDR3, maka sobat cuma dapat memasukkan module DDR3, tidak dengan DDR2.

Merek- merk module RAM yang populer salah satunya yaitu kingston, corsair, crucial, mushkin, serta g. skill.

Semoga tutorial tentang Pengertian Dasar RAM (Random Access Memory) dapat memberikan wawasan sobat dalam dunia IT.
Salam IT Newbie.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Copyright © Belajar Ilmu Komputer
Template by : VMware Indonesia