Tips Cara Menghapus Virus .exe dan .pif

Tips Cara Menghapus Virus .exe dan .pif
Tips Cara Menghapus Virus .exe dan .pif – Pada postingan ini merupakan pengalaman pribadi IT Newbie. Ngga kerasa telah 3 tahun laptop ini menemani sehari-harinya IT Newbie baik dalam senang ataupun duka. laptop ini juga tidak luput dari serangan virus, dimulai dari virus yang mudah dihapus sampai virus yang bikin saya pusing 7 keliling serta mesti install ulang operating system nya. Dulu virus yang sering terjangkit di laptop saya umumnya w32 heuristic, trojan, malware, worm sampai virus almanahe yang sudah sangat legendaris di laptop saya hehehe.. oke, dari kesemua virus tersebut tetap dapat diatasi oleh antivirus maupun dengan langkah lain yaitu install ulang.
Namun lain halnya dengan virus yang satu ini lain banget dengan berextensi .exe serta .pif, virus ini kebal pada antivirus, bila dihapus dengan manual, maka dia dapat nampak kembali sebagian waktu. Opsi saya waktu itu yaitu melakukan install ulang, mana tau sesudah install ulang maka virus itu dapat hilang. Sesudah saya install ulang, situasi computer tetap baik-baik saja. 3 jam lantas virus tersebut nampak kembali, saat ini nampak dalam 2 extensi yakni. exe serta. pif
Dalam tutorial sebelumnya IT Newbie juga pernah membahas yaitu tentang Tips 8 Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut dan 4 Tips Ampuh Penanganan Setelah Terkena Virus, Malware, Trojan.

“Ini baru yang namanya virus” gumam saya dalam hati. Berikut ini langkah – langkah yang IT Newbie lakukan dalam Menghapus Virus .exe dan .pif :

1. Gunakan antivirus Clamwin, sobat bisa dapatkan di http://www.clamwin.com/content/view/18/46/
Antivirus Clamwin boleh terbilang cukup ampuh, dalam membersihkan virus-virus yang bersarang di laptop sobat.

Penjelasan singkat mengenai virus ini : virus ini digerakkan oleh file yang bernama autorun.inf di mana di dalam file tersebut ada script yang memerintahkan supaya menciptakan file berextensi. exe serta. pif serta meletakkannya di tiap-tiap drive pc. lantas tidak cuma drive c saja yang dijangkiti tetapi juga drive d atau e juka ada. autorun. inf dapat menghiddenkan diri dari sistem hingga kita berpikir bahwa virus yang bernama wfgr. exe ( nama virus ini random ) atau wew. pif ini merupakan master virusnya. walau sebenarnya master virus tersebut yaitu ya autorun. inf tadi, lantas walau kita hapus berulang-kali file. exe serta. pif nya maka virus tersebut dapat terus nampak.

Solusinya : Sesudah tahu bahwa biang keroknya yaitu si autorun.inf itu, maka kita dapat mencoba mengakali balik si autorun. inf. file ini tidak bisa dihapus dengan segera lantas kita dapat mengaklainya membuat 2 buah file yang kita susupi dengan sedikit skrip

Alat serta bahan yang diperlukan : yakinkan sahabat memiliki notepad, bila tidak maka saya anjurkan untuk mempergunakan garansi laptop sahabat untuk minta ubah laptopnya haha..

  • Bikin 2 buah file masing masing berextensi. bat serta. inf
Buka notepad sahabat lantas paste skrip dibawah ini :

attrib -r -a -s -h autorun. inf
erase autorun. inf
copy remove. inf autorun. inf
attrib +r +a +s +h autorun. inf

SaveAs sebagai all file lantas beri nama hapus_virus.bat

ke-2 : buka notepad yang lain :

  • Isi notepad ini terserah sobat, klo saya, saya isi dengan catatan “remove”
  • save as sebagai all file lantas beri nama remove.inf
  • oke, saat ini kita telah punya 2 file tiap-tiap hapus. bat serta remove.inf
Ket :
  • Matikan sistem restore laptop sobat, show hidden file di drive yang terjangkiti, maka disitu dapat terlihat file autorun. inf yang disebut master dari virus ini.
  • Saat ini copy ke-2 file ( hapus. bat serta remove. inf ) tersebut ke drive yang dijangkiti virus tersebut, contohnya di c :/ copy ke-2 file tersebut lantas klik 2x pada file hapus. bat ( saya mengerjakannya berulang-ulang sampai 3x ). lantas cobalah hapus file. exe nya.

Namun kok, file autorunnya tetap ada ?

Tenang, bila anda sukses maka file autorun. inf tadi berisi dapat beralih dengan catatan yang kita catatkan di file remove. inf tai, hingga file master autorun. inf ini tak lagi lakukan perintah memanggil virus. exe serta. pif tadi dikarenakan ini skripnya telah kita ganti.
Untuk keamanan sebaiknya 2 file tadi dilewatkan saja di drive anda, bila merasa menggangu di hidden saja.
Dengan mengikuti langkah-langkah diatas setidaknya sobat dapat dengan mudah menghapus virus .exe dan virus .pif yang sangat mengesalkan.
Semoga tutorial Tips Cara Menghapus Virus .exe dan .pif dapat menambah wawasan sobat semua dalam menghapus virus.
Salam IT Newbie.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *