Tips Cara Backup Data Windows 7

Apa itu backup data? Backup data pada laptop anda sangat penting untuk keperluan menyimpan data-data yang tersimpan di laptop atau backup data secara online juga bisa dilakukan. Terkadang dalam penyimpanan data yang penting perlu dilakukan secara berkala jika suatu saat sobat ingin mengembalikan data nya kembali maka dengan mudah di restore.
Backup data sebenarnya banyak caranya mulai dari membackup data dengan menggunakan media online, flashdisk, cd/dvd, hardisk external, maupun bisa juga menggunakan software. Pada tutorial kali ini IT Newbie ingin memberikan Tips Cara Backup data di Windows 7 yang ternyata masih banyak yang belum tahu caranya. langsung saja ikuti langkah nya sebagai berikut :
1. Sobat bisa klik tombol start kemudian klik control panel
2. Pada jendela control panel sobat bisa melihat opsi System and security, kemudian pilih Backup your computer
Tips Cara Backup Data Windows 7
3. Lalu pada halaman Backup and Restore, sobat bisa pilih Set up Backup
Tips Cara Backup Data Windows 7
4. Sobat bisa tunggu beberapa menit sampai muncul kotak dialog set up backup
5. Pada kotak dialog set up backup, kemudian sobat bisa menentukan tujuan penyimpanan hasil backup data sobat, kemudian klik next.
Tips Cara Backup Data Windows 7
6. Kemudian halaman berikutnya akan ada 2 kotak dialog yang bisa sobat pilih
Tips Cara Backup Data Windows 7
Keterangan :
  • Let Windows Choose (Recommended) : Windows otomatis akan melakukan backup data pada windows 7 yang terimpan pada Libraries, desktop, favorite, my document dan folder-folder standar windows. Dan windows juga akan membuat sebuah system image, jika dimana suatu saat windows sobat rusak, corrupt atau error maka sobat bisa merestore dengan cepat dan mudah.
  • Let me choose : Sobat bisa memilih sesuai dengan keinginan sobat folder-folder mana saja yang sobat anggap penting serta menyimpan system image dalam backup.

7. Kemudian setelah sobat memilih salah satu opso diatas lalu klik next
8. Langkah terakhir sobat bisa klik save settings and run backup untuk menyimpan dan menjalankan proses backup data.

Tips Cara Backup Data Windows 7

9. Sobat bisa tunggu sampai proses backup data system windows 7 selesai. Lama nya proses backup data tergantung dari besarnya data sobat.
10. Selesai sudah sobat membackup data system windows 7 maka hasil backup data sudah tersimpan dengan aman. Selanjutnya sobat dapat mengatur melakukan penjadwalan backup data secara otomatis, jika diperlukan.
Tips Cara Backup Data Windows 7
Bagaimana cukup mudah bukan??
Sekarang sobat sudah mempunyai backup data yang tersimpan di hardisk sobat. Jika suatu saat system sobat rusak, hang, atau currupt/error sobat dapat dengan mudah mengembalikannya seperti hasil terakhir backup data nya.
Semoga tutorial Tips Cara Backup Data Windows 7 dapat bermanfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie
Tips Cara Backup Data Windows 7 | admin | 4.5