Jenis-jenis Fungsi Jaringan Komputer LAN, WAN, MAN

Jenis jenis jaringan komputer dan penjelasannya berdasarkan distribusi data – Pada jenis arsitektur Peer to Peer dalam praktik jaringan Komputer tak memiliiki server spesial atau hirarki pada komputer. Semuanya kedudukan komputer sama serta karenanya di kenal sebagai peer. Umumnya tiap-tiap komputer berperan sebagai Client/Server serta tak ada satupun ditugaskan untuk jadi administrator yang bertanggungjawab untuk semua jaringan. Jenis jaringan komputer Peer-to-peer yaitu pilihan yang paling baik untuk keperluan organisasi kecil dimana pemakai dialokasikan di lokasi umum yang sama serta keamanan jaringan komputer tak jadi permasalahan.

Arsitektur Jaringan Komputer Client Server terkadang diistilahkan jaringan Komputer berbasiskan Server. Arti Client/server merujuk pada rencana sharing pekerjaan yang ikut serta dalam pemrosesan data pada komputer client serta komputer server yang paling kuat. Jaringan komputer client/server yaitu langkah yang paling efektif untuk sediakan : Database serta pengelolaan aplikasi seperti Spreadsheet, Akuntansi, Komunikasi serta manajemen dokumen, manajemen jaringan komputer. Sentralisasi penyimpanan file pada arsitektur jaringan komputer client/server pada intinya adalah implementasi dari pemrosesan terdistribusi atau koperasi. Di jantung dari jenis ini yaitu rencana manfaat aplikasi membelah pada client serta processor server. 

Jenis-jenis Fungsi Jaringan Komputer LAN, WAN, MAN

Pembagian kerja pada processor yang tidak sama sangat mungkin desainer aplikasi untuk meletakkan manfaat aplikasi pada processor yang paling cocok untuk manfaat itu. Hal semacam ini sangat mungkin desainer piranti lunak memaksimalkan manfaat procesor – sampai memungkinka kembalinya atas investasi paling besar untuk piranti keras. Pemakai kerap tidak paham dimana eksekutor aplikasi. Semua manfaat bisa dieksekusi baik dalam PC atau server, atau manfaat bisa dibagi diantara mereka. Ini pelaksana manfaat aplikasi masking tempat sangat mungkin system untuk meng-upgrade sisi dari system dari saat ke saat dengan masalah minimal pengooperasian aplikasi, sekalian membuat perlindungan investasi di hardware serta software yang ada 

Pengetahuan dasar Jaringan Komputer (LAN, WAN, MAN)

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Lainnya

Dalam artike ini, saya coba membedakan beberapa jenis jaringan komputer yang umum kita temui serta jenis jaringan komputer yang mungkin saja saja tak pernah kita temui lantaran jenis sejenis itu tidak sering di pakai, oleh karenanya saya klasifikasikan sebagai jenis jaringan komputer yang lain.

Jaringan Kompter Jenis OSI Layer

Dalam system jaringan komputer, satu standard komunikasi sukses dibuat. Jenis ini dimaksud OPEN SYSTEM INTERCONNECTION (OSI), yang didesain oleh International Standard Organization pada th. 1974 (1/2 pendapat menyampaikan th. 1978). Di setujui pada th. 1983 untuk berlaku oleh semuanya produsen, apakah jaringan LAN, Jaringan WAN atau Jaringan metropolitan (MAN), semua berbasiskan pada jenis OSI Layer.

Jaringan komputer jenis OSI itu, tiap-tiap produsen inginkan sesuai sama standard itu untuk mempermudah peralatan yang di buat dapat berkomunikasi dengan peralatan yang di keluarkan oleh produsen lain.

Pada Jenis Jenis OSI Layer, jenis jaringan komputer ini di kenal dengan tujuh susunan (seven layer). Tiap-tiap susunan tak menghiraukan susunan yang lain. Namun tiap-tiap susunan mempunyai kolerasi yang kuat serta tiap-tiap susunan itu dimaksud susunan protokol. Jenis OSI (Open Systems Interconnection – sama-sama sambungan system terbuka) Jenis OSI Layer yaitu satu tips serta bukannya satu piranti lunak atau piranti keras. Ia dipakai sebagai rujukan untuk dipatuhi oleh semuanya produsen piranti lunak serta piranti keras supaya product mereka bisa tersambung ke system jaringan tanpa ada permasalahan. jenis rujukan OSI bisa dimisalkan sebagai satu kebijakan keamanan dunia yang perlu diikuti oleh semuanya negara supaya dunia ini aman.

Walau sebenarnya keamanan global susah didapat. Begitu halnya jenis OSI layer ini, ada pula ketidak serasian berlangsung didalam produksi product yang tidak sama. Jadi saat kita beli suatu hal product yakinkan kita tahu sejauh mana peralatan itu sesuai sama standard serta ketidaksamaan pada peralatan yang bakal tersambung padanya. Umumnya product seperti Cisco mempunyai protokolnya sendiri yang cuma ada pada peralatan mereka. Pengetahuan mengenai OSI Layer butuh di ketahui oleh siapapun yang menginginkan memahami system jaringan. Hal semacam ini karena tiap-tiap susunan mempunyai manfaat spesifik yang bakal melibatkan operasi system jaringan serta maksud dibuat Jenis OSI yaitu untuk perjanjian didalam berkomunikasi lewat system jaringan.

Pikirkan bila, Contoh : AChong bicara memakai bhs mandarin pada Robih, sudah pasti Robih tak memahami apa yang disebutkan oleh AChong. Oleh karenanya AChong serta Robih mesti memakai Bhs Indonesia dalam pembicaraan mereka.

Seperti yang kita ketahui, rujukan jenis OSI Layer ini ada tujuh susunan pada jaringan komputernya yakni : susunan fisik, susunan data link, susunan jaringan, susunan transport, susunan session, susunan presentasi, serta susunan aplikasi.
  • Physical : Susunan paling basic dalam satu jaringan. Basic komunikasi memakai gabungan bit (0 serta 1) serta bergerak dari satu node (PC atau piranti komunikasi yang lain) ke node yang lain.
  • Data Link : Kerangka gabungan bit serta bergerak dari satu hope (halte satu node) ke hope yang lain.
  • Network : Gabungan sebagian kerangka dalam satu paket (packet) serta berkomunikasi pada source host serta maksud host.
  • Transport : Pengiriman pesan yakni komunikasi dengan cara segera pada suatu hal sistem dengan sistem yang lain (Jaringan PC Anda dengan PC rekan Anda).
  • Sesi : susunan ini menolong keluar dengan pekerjaan untuk membawa info dari satu node (workstation) ke node lain (workstation). Session mesti di buat sebelumnya kita bisa transportasi info ke komputer lain.
  • Presentation : Terjemahan serta mengenkripsi info atau data yang di kirim dari satu PC ke PC yang lain.
  • Application : Susunan teratas. Mengizinkan komunikasi satu sama lainya pada jaringan komputer
sekian deskripsi sebagian jenis jaringan komputer, mudah-mudahan dapat berikan inspirasi tentang Jenis-jenis jaringan komputer pada umumnya serta terutama beberapa jenis jaringan komputer serta Osi Layer.
Jenis-jenis Fungsi Jaringan Komputer LAN, WAN, MAN | asepkanan | 4.5