Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer – Pengertian topologi jaringan komputer yaitu satu langkah atau rencana untuk menghubungkan sebagian atau banyak komputer sekalian jadi satu jaringan yang sama-sama terhubung/ terkoneksi. Serta tiap-tiap macam topologi jaringan komputer bakal tidak sama dari sisi kecepatan pengiriman data, cost pembuatan, dan keringanan dalam sistem maintenance nya. Serta tiap-tiap jenis topologi jaringan komputer mempunyai keunggulan dan kekurangannya semasing. terdapat beberapa macam topologi seperti topologi ring, star, bus, mesh, serta tree yang bakal dibicarakan di situs (blog) IT-Newbie ini.

Pengertian jaringan dalam soal topologinya yaitu susunan geometrik dari node serta link kabel dalam LAN, Topologi jaringan komputer merujuk pada bentuk jaringan, atau tata letak jaringan. Satu Topologi melukiskan Bagaimana node tidak sama dalam jaringan komputer tersambung keduanya serta bagaimana mereka berkomunikasi ditetapkan oleh topologi atau design bentuk serta tata letak piranti jaringan komputer. Susunan geometrik jaringan baik fisik ataupun logis. di bagian ini sakan diterangkan dari beragam jenis tipe topology yang umum dalam rencana instalasi jaringan komputer LAN.

Jaringan terbagi dalam sebagian komputer yang tersambung memakai sebagian jenis interface, semasing mempunyai satu atau lebih piranti interface seperti Network Interface Card (NIC) serta/atau piranti serial untuk jaringan PPP. Tiap-tiap komputer di dukung oleh piranti lunak jaringan yang sediakan manfaatonalitas server atau client. Piranti keras yang dipakai untuk kirim data lewat jaringan dimaksud media. Ini mungkin saja termasuk juga kabel tembaga, serat optik, atau transmisi nirkabel. Pengkabelan standard yang dipakai untuk maksud ini yaitu 10Base-T Kelompok 5 kabel ethernet. Ini yaitu kabel tembaga lilit yang nampak di permukaan untuk tampak serupa dengan TV coaxial cable. Dihentikan pada akhir tiap-tiap oleh konektor yang tampak seperti konektor telephone. Panjang maksimum segmen yaitu 100 mtr..

Berikut ini yaitu diagram topologi jaringan komputer paling umum ada Enam

Kelompok Jaringan berdasar pada arsitektur jaringan komputer yaitu

  • Jaringan Berbasis server
  • Jaringan Peer-to-peer
Dalam jaringan berbasiskan server, ada set komputer sebagai penyedia service paling utama seperti service file atau service e-mail. Komputer sediakan service ini dimaksud server serta komputer yang memohon serta memakai service yang dimaksud komputer client.

Di jaringan peer-to-peer, beragam komputer pada jaringan bisa melakukan tindakan sebagai client serta server. Sebagai contoh, banyak Microsoft Windows berbasiskan komputer bakal sangat mungkin berbagi file serta print. Komputer ini bisa melakukan tindakan sebagai client serta server olehnya itu dikatakan sebagai peers. Banyak jaringan yaitu gabungan jaringan berbasiskan peer-to-peer serta server. System operasi jaringan memakai protokol data jaringan untuk berkomunikasi di jaringan komputer lain. System operasi jaringan mensupport aplikasi pada komputer. Network Operating Sistem (NOS) termasuk juga Windows NT, Novell Netware, Linux, Unix dan sebagainya.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

  • Topologi Tipe Bus
  • Topologi Star
  • Topologi Ring
  • Topologi Tipe Mesh
  • Topologi Tipe Hybrid
  • Topologi Tipe Tree

Bus Topology 

Topologi Bus
Pada Topologi jaringan Bus ke-2 ujung jaringan mesti disudahi dengan terminator. Laras konektor bisa dipakai untuk menyambung/memberi panjang. topologi Bus adalah topologi jaring komputer paling tua dalam tehnologi jaringan Ethernet serta terbagi dalam cable coaxial yang menghubungkan komputer yang ada pada jaringan di mana setiap komputer tersambung dengan sambungan konektor BNC jenis T

Mengetahui Keuntungan dan keunggulan IPv6

Star Topology 

Topologi Jaringan Star

Semuanya piranti berputar di sekitaran hub pusat, yang yaitu apa kontrol komunikasi jaringan, serta bisa berkomunikasi dengan hub lain. Rentang batas yaitu sekitaran 100 mtr. dari hub. Didunia jaringan komputer, topology Jaringan Komputer yang paling umum dipakai dalam LAN yaitu topologi tipe star. Topologi star bisa di buat dirumah, kantor, sekolah dan lain-lain. Semuanya komputer dalam topologi star tersambung ke piranti sentral seperti hub, switch atau router. Komputer di jaringan yang umumnya dikaitkan dengan hub, switch atau router dengan 1. 527 Twisted Pair (UTP) atau shielded Twisted Pair kabel. Topologi jaringan jenis Star ini sama seperti anda menarik satu kabel dari tiap-tiap komputer menuju pada pusat kosentrasi seperti Switch. Switch mengatasi Switching traffic keluar ke node yang lain dalam satu jaringan. Baca sedetailnya Topologi Star

Ring Topology 

Jaringan Ring Topologi

Topologi jaringan Ring, piranti tersambung dari satu ke yang lain, seperti dalam satu cincin. data token dipakai untuk memberi izin untuk tiap-tiap komputer untuk berkomunikasi. Node berkomunikasi dengan formasi Ring, dengan tiap-tiap node berkomunikasi segera cuma dengan upstream serta downstream tetangganya saja. komputer atau piranti mempunyai dua tetangga yang berdekatan untuk komunikasi. Di ring network, semuanya pesan komunikasi perjalanan dalam direktori yang sama Apakah searah jarum jam atau lawan arah jarum jam.

Mesh Topology

Jaringan Mesh Topologi

Topologi jaringan Mesh adalah satu jalinan keduanya di antara sebagian node. Biasanya, satu topologi mesh ditujukan untuk kepentingan redundancy. Tiap-tiap jaringan universitas mesti mengaplikasikan satu topologi mesh untuk meraih tingkat redundancy serta fault tolerance yang disebut tuntutan usaha dari jaringan data mereka. Ada dua jenis mesh yakni full mesh serta partial mesh topologi. Full mesh – tiap-tiap node sama-sama terkait keduanya dengan dedikasi line sendiri sesaat partial seperti namanya cuma beberapa saja memiliki jalur menurut keperluan. Mesh topologi bekerja pada rencana rute. Pada Topologi Mesh, pesan yang di kirim ke maksud lewat ruter terpendek, yang termudah untuk meraih maksudnya. Topologi jaringan yang dibicarakan terlebih dulu topologi star serta bus, pesan umumnya di kirim ke tiap-tiap komputer, terlebih dalam topologi bus. Demikian juga pada Topologi Ring pesan bisa lakukan perjalanan dengan cuma satu arah yakni searah jarum jam atau anticlockwise. Internet memakai Topologi Mesh, pesan temukan rute untuk maksud. Router bekerja di temukan rute untuk kirim pesan mengantarkan ke tempat maksud.

Hybrid Topology 

Topologi hybrid yaitu Topology jaringan yang kompleks, di bangun diatas dari dua atau lebih topologi jaringan. Jaringan hibrid mungkin paduan topologi jarinagan star-bus, star-ring network, serta jaringan mesh dengan jalinan pada beragam komputer pada jaringan. Jaringan mesh idealnya sangat mungkin tiap-tiap komputer mempunyai koneksi segera ke semasing komputer lain

Tree Tipe Topology 

Topologi jaringan Tipe Tree terbagi dalam topology multi star di bus. Topologi tree mengintegrasikan topologi multi star berbarengan ke bus. Cuma hub piranti bisa tersambung segera dengan bus tree serta semasing manfaat Hub sebagai piranti jaringan akar tree. Topology jaringan Tree ini dimaksud sebagai topologi bertingkat. Topologi jaringan ini umumnya dipakai untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang tidak sama. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada tempat yang rendah serta makin keatas memiliki hirarki makin tinggi. Topologi jaringan Tipe Tree ini paling ideal dipakai pada system jaringan komputer. Pada jaringan Tree, ada banyak tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, bisa mengontrol simpul di bawah tingktannya. Data yang di kirim butuh lewat simpul pusat terlebih dulu. Umpamanya untuk bergerak dari komputer dengan node-4 kekomputer node-8 seperti pada gambar, data yang ada mesti melalui node-4, 6 serta node-7 sebelumnya selesai pada node 8. Gabungan bus/star/hybrid ini mensupport hari esok upgrade dari jaringan komputer, jauh tambah baik dari pada bus atau star.

Deskripsi tentang Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer di atas pastinya bakal dapat memberi pemahaman Pengertian Topologi Jaringan komputer dari beragam susunan geometrik serta tata letak node pada jaringan komputer

Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer | asepkanan | 4.5